Minggu, 23 Juni 2013

Transfer Pemain Termahal Real Madrid



4. Luis Figo, Barcelona-Real Madrid.


Salah satu transfer paling kontroversial.
Fee: $83.400.000
Luis Figo adalah pemain asal Portugal yang pernah menjadi sensasi luar biasa di Spanyol, selain prestasinya yang luar biasa, ia juga pernah menuai kontroversi besar saat ia memutuskan pindah dari Barcelona ke Real Madrid! Coba anda bayangan jika Lionel Messi yang merupakan ikon Barcelona dan tulang punggung tim tiba-tiba pindah ke Real Madrid? Ya itulah yang diraskan para suporter Barcelona saat pujaan mereka pada waktu itu pindah ke musuh utama mereka. Pada tahun 2000 Madrid berhasil membeli Figo dengan nilai transfer yang mencapai 83 juta USD.
Di Madrid, Figo bergabung dengan pemain-pemain top lainnya yang sangat mentereng dan mereka berhasil mengoleksi banyak gelar mulai dari juara Liga Spanyol hingga juara Piala Champion. Kejadian unik sempat terjadi saat Real Madrid bertandang ke Barcelona, Figo yang ditugaskan menendang sepak pojok dilempari banyak benda oleh suporter Barcelona, mulai dari botol minuman, hingga kepala babi! Ya itulah bentuk kekecewaan suporter Barcelona saat melihat kembali pemain yang pernah mereka puja kembali mengenakan kostum rival abadi mereka, sebuah tindakan yang memang tidak terpuji dan tidak menjunjung sportivitas, namun sebenarnya sebuah tindakan yang mudah untuk dimengerti. 
Sepanjang kariernya sendiri Figo selalu menjadi pemain yang sangat dicintai suporternya sendiri, permainan apiknya di lini tengah dan dan dedikasi yang tinggi saat bermain ditopang dengan skill yang mumpuni membuatnya dicintai pada suporter. Mulai dari saat Sporting Lisbon, Barcelona, Real Madrid, dan Inter Milan, Luis Figo selalu menjadi sosok sentral dalam timnya.
3. Kaka, Milan-Madrid.


Kaka tidak berhasil menunjukan performa terbaiknya bersama Real Madrid.
Fee: $89.000.000
Pemain bernama lengkap Ricardo Izecson dos Santos Leite ini memulai kariernya di klub asal Brasil, Sao Paolo. Ia sudah bergabung bersama tim junior Sao Paolo sejak baru berusia 8 tahun pada tahun 1994. Pada tahun 2001, ia mulai bermain bersama tim senior dan bermain selama dua musim di tim elit Brasil tersebut. Bermain selama dua tahun dan melakukan 59 pertandingan, ia berhasil mencetak 23 gol. Nama Kaka langung tercium benua Eropa di mana beberapa tim berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Namun AC Milan yang melakukan pendekatan paling serius yang pada akhirnya berhasil mendapatkan tanda tangan Kaka.
Bersama Milan, Kaka menjelma menjadi salah satu pemain terbaik dunia, didatangkan dengan harga yang relatif murah yakni 8.5 juta Pound, Kaka sukses menjadi pemain yang sangat berbahaya. Bersama Milan, Kaka sukses mendapatkan banyak gelar mulai dari titel Serie-A, Piala Champion, hingga kejuaraan dunia antar klub. Ia juga pernah mendapatkan gelar Balon d’Or pada tahun 2007 untuk melengkapkan koleksi gelarnya. Klub kaya asal Spanyol Real Madrid-pun beberapa kali menyatakan tertarik untuk menggunakan jasa Kaka. 
Akhirnya pada 3 Juni 2009, Real Madrid berhasil memberikan penawaran yang tidak dapat ditolak AC Milan, yang mencapai 89 juta USD. Milan yang perlu melakukan penghematan dan memperbaiki keadaan finansial mereka tidak dapat menolak penawaran mega besar tersebut. Kaka-pun akhirnya menyetujui kontrak yang ditawarkan Real Madrid dan iapun pindah ke ibukota Spanyol, Madrid. Sayang, bersama Real Madrid karier Kaka langsung meredup, alih-alih meraih sukses, ia justru lebih sering berada di meja operasi dan juga bangku cadangan. Ia kalah bersinar dari Cristiano Ronaldo yang pindah pada tahun yang sama, bahkan Madrid juga mendatangkan Mesut Ozil yang semakin memendam karier Kaka. Ia beberapa kali diberitakan akan kembali ke Milan, namun status finansial Milan tampaknya membuat kembalinya Kaka ke Milan menjadi hal yang sulit.
2. Zinedine Zidane, Juventus-Real Madrid.


Kariernya semakin sukses bersama Real Madrid.
Fee: $101.000.000
Zinedine Yazid Zidane lahir pada 23 Juni 1972. Pemain keturunan Aljazair ini seringkali dianggap sebagai salah satu playmaker terbaik sepanjang masa. Zidane memulai karier profesionalnya bersama tim asal Perancis, Cannes, tampil sebanyak 61 kali, ia langsung direkrut oleh tim elit Perancis, Bordeaux. Namun Zidane benar-benar menjadi pemain kelas dunia saat ia bermain bersama Juventus. Bersama Juventus ia berhasil meraih segudang prestasi, namun sayang ia gagal membantu Juventus meraih gelar Piala Champion saat mereka dikalahkan Dortmund 1-3 pada 1997. Pada musim berikutnya Juventus dan Zidane kembali gagal di babak final, kali ini kalah 0-1 melawan Real Madrid.
Pada tahun 2001, Real Madrid berhasil mendapatkan tanda tangan Zidane Dengan harga 64.5 juta Pound, pemain yang menjadi andalan tim nasional Perancis dalam meraih Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 ini melengkapi koleksi pemain mentereng yang dimiliki Real Madrid. Pembelian Zidane ke Real Madrid benar-benar sukses, pada musim pertamanya, Zidane langsung sukses membawa Real Madrid menjadi juara Piala Champion. Ia membuat gol legendaris di final saat Madrid mengalahkan Bayer Leverkusen, tembakan volleynya dari jarak jauh sukses mengoyak gawang lawan.
Pada musim 2002-03, Zidane menambah prestasinya dengan menjuarai Liga Spanyol dan juga mendapatkan gelar FIFA World Player of the Year. Zinedine Zidane akhirnya pensiun dari Real Madrid dan sepakbola pada tahun 2006. Namun kariernya yang sangat hebat justru ia tutup dengan kejadian yang kurang menyenangkan. Pada final Piala Dunia 2006, Zidane dan tim nasional Perancis berhadapan dengan Italia, pada babak final yang merupakan pertandingan terakhir Zidane justru harus diusir dari lapangan akibat terlibat pertengkaran dengan bek Italia, Marco Materazzi yang berujung pada Zidane menanduk Materazzi dengan kepalanya.
1. Cristiano Ronaldo, Manchester United-Real Madrid.


Inilah pemain termahal didunia.
Fee: $130.000.000
Inilah pemain yang hingga saat ini berstatus sebagai pemain termahal di dunia. Cristiano Ronaldo, pemain kelahiran Portugal ini merupakan kapten tim nasional Portugal saat ini, ia juga menjadi figur paling penting dalam tim Real Madrid saat ini.
Ronaldo mulai dikenal saat Manchester United mendatangkannya dari Sporting Lisbon, relatif tak dikenal sebelumnnya, Ronaldo menyita perhatian karena ia diberikan nomor legendaris di Manchester United, yaitu 7, nomor punggung yang masih melekat dengan dirinya hingga sekarang. Ia juga didatangkan dengan harga yang cukup mahal bagi pemain muda dan relatif tidak dikenal, 15 juta Pound. Kisah kepindahan Ronaldo juga cukup unik, saat pertandingan pra musim antara Sporting Lisbon dan Manchester United pada tahun 2003, Ronaldo tampil begitu impresif dan menyulitkan lini belakang United hingga membuat para bek tim asal Inggris tersebut menyarankan Sir Alex Ferguson untuk merekrut Ronaldo. Hasilnya? Luar biasa, dibawah tangan dingin Ferguson, Ronaldo menjelma menjadi kekuatan super yang membantu United mendominasi Liga Inggris dan juga mendapatkan satu titel Piala Champion dan juga mendapatkan gelar Balon d’Or pada tahun 2008.
Real Madrid begitu mengidam-ngidamkan pemain yang satu ini. Gayung bersambut, Ronaldo juga mempunyai mimpi untuk bermain bagi Real Madrid, meski begitu proses transfer berlangsung alot, United tidak mau begitu saja melepas pemain andalannya tersebut, hingga akhirnya tercapai kesepakatan antar kedua tim dengan nilai fantastis yang memecahkan semua rekor transfer, yaitu 130 juta USD. Pembelian mahal Madrid terbukti sukses, Ronaldo berhasil membantu timnya untuk merusak dominasi Barcelona di Liga Spanyol. Meski musim ini tertinggal jauh dari Barcelona, kehebatan Ronaldo masih menjadi momok bagi semua tim di dunia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar