Minggu, 23 Juni 2013

Pendukung Real Madrid




Pendukung (Ultras Sur)

Hampir pada setiap musimnya, penonton yang datang memenuhi Stadion Santiago Bernabéu mayoritas diisi oleh para pemegang tiket langganan yang jumlah totalnya sekitar 68.670 orang  Untuk menjadi pemegang tiket langganan per musim ini, para calon harus bergabung ke pendukung klub resmi atau biasa disebut socio. Saat ini sekurang-kurangnya ada 1.800 kelompok pendukung resmi klub yang tersebar, baik di Spanyol atau di Dunia. Jumlah rata-rata penonton di stadion setiap kali Real Madrid bertanding kandang sekitar 65.000 orang. Pencapaian terbaik diraih pada musim 2004-2005, saat jumlah rata-rata penonton yang hadir mencapai 71.900 orang. Namun, rekor ini kalah dari Barcelona yang memiliki rata-rata mencapai 76.000 orang.
Pendukung garis keras Real Madrid disebut Ultras Sur yang termasuk penggemar sayap kanan. Kelompok penggemar ini memiliki aliansi kemitraan yang dekat dengan kelompok pendukung S.S. Lazio yang disebut Irriducibili. Dalam beberapa kesempatan, sering kali terdapat sejumlah ucapan rasis dari kelompok pendukung ini kepada pihak pemain dari tim lawan yang kemudian membuat UEFA sempat melakukan investigasi untuk menyelidiki kasus ini. 

ULTRAS SUR

Ultras pada umumnya punya kecendrungan Right Wing (biasanya Fasis) dan Left Wing (Komunis), Ultras Madrid sudah bisa ditebak cenderung ke 'kanan'.

Pada awal2nya ini didirikan, masa2 80an adalah masa dimana Spanyol baru keluar dari kekuasaan Franco (jika anda buta sejarah politik Spanyol, anggap aja dia Soeharto, style mimpinnya kayak gitu). Orang2 yg ngediriin Ultras Sur adalah Franquista (pengikut Franco) sejati, dan member2nya akan punya masalah besar nanti karna pandangan politik Ultra 'kanan' ini. At least menurut mereka, Stadion Madrid akan tetap berpandangan ke 'kanan' di tengah2 perubahan negara ke arah demokrasi yg "fucked up". Kenapa gw bilang "fucked up"? karena pas masa transisi itu Spanyol jadi ancur2an, bom, drugs merajalela dijalanan.

Namanya sendiri diambil dari daerah selatan stadion, ngumpul2 sebelum nonton pertandingan. Makin lama makin besar dan makin populer terutama kepada anak2 muda. Puncak keanggotaan fanbase ini di akhir tahun 80an sampai awal2 90an. Daaan, karena kebanyakan anak muda, jadinya ya berantem sana sini dan show off bendera kanan (kayak swastika Nazi atau bendera Spanyol franco) atau ngasi roman salute/nazi salute.


Track record Ultras Sur seperti ini... Pimpinananya dulu bernama Jose luis Ochaita, bertaun2 di Ultras Sur 'berhasil' di banned di banyak fasilitas olahraga serta bolak balik ditangkep polisi. Pernah karena finansial mereka yang buruk, petinggi mereka gak malu minta duit ke RealMadrid langsung (dengan iming2 sebagai gantinya mereka akan terus mendukung Madrid secara mati2an). RealMadrid langsung menolak permintaan itu, tapi ada beberapa pemain yang justru sebaliknya mendukung Ultras, contohnya Juanito (abis itu Ultras gak berhenti2nya nge chants "Illa, illa Juanito Maravilla" yang sampe sekarang setelah kematiannya masih pun terus dinyanyikan di menit ke-7 pertandingan)    Kejadian paling terkenal karena ulah Ultras Sur adalah saat Liga Champions 1998 vs Dortmund. Karena 100 Ultras sampe naek pager Stadion sebelum pertandingan mulai, goyang2 hingga bikin pagernya goyah dan bikin gawang jatoh karna gawangnya keiket ke pager. Pertandingan ketunda lama dan Madrid kena denda karenanya. 
Karena masalah2 yang dibuat mereka inilah Official Madrid akhirnya mulai mundur perlahan dan menjaga jarak dengan Ultras Sur. Kebijakan RealMadrid mulai diberlakukan seperti pengurangan kursi untuk Ultras Sur sekarang jadi hanya ratusan saja (dulu pas puncaknya Ultras Sur, di ESB dikasi sekitar 6000 kursi buat mereka). Bahkan ditaro ditribun atas abis kejadian di pertandingan vs Dortmund. Lantas Pemain2 Real dilarang lagi foto dengan menunjukkan simpati/dukungan/berafiliasi pada Ultras, makanya foto2 diatas pemain Madrid dengan tulisan Ultras Sur mungkin akan jadi yang terakhir kita lihat selamanya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar